Sunday, June 7, 2020

thumbnail

Mengasah kreativitas anak dengan Menggunakan Sensory Play


Salah satu aspek yang harus dikembangkan oleh anak adalah aspek kreativitas. Anak yang memiliki kreativitas tinggi dapat menguasai banyak hal. Selain itu, ia akan mudah beradaptasi dengan menggunakan daya kreativitasnya. Anak dengan kreativitas tinggi dapat membuat banyak hal dengan benda yang ada di sekitarnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kreativitas anak adalah dengan bermain menggunakan sensory play.


Permainan ini melibat beberapa indra yang ada pada anak seperti penglihatan, penciuman, sentuhan, pendengaran bahkan juga perasa. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sensory play seperti meningkatkan perkembangan otak anak dengan menggunakan media yang ada. Sensory play juga dapat memperkuat ikatan antara anak dan orang tua dengan aktivitas yang dilakukan bersama.

Anak juga akan berusaha untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dengan dasar pemikiran yang ilmiah. Sensory play juga bertujuan agar kemampuan anak baik dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif dapat berkembang dengan lebih baik. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk membantu dalam mengembangkan kreativitas anak melalui sensory play.

Salah satu permainan yang bisa dijadikan aktivitas sensory play adalah color rice bag. Tujuan dari permainan ini adalah agar anak mampu membedakan warna-warna yang ada pada beras. Anak-anak akan menggunakan indra penglihatan dan perasa serta kemampuan psikomtorik. Ada beberapa bahan yang dibutuhkan seperti beras dan beberapa pewarna makanan. Sementara itu, alat yang dibutuhkan adalah toples dan tutup toples, wadah plastik, dan mainan anak.

Untuk membuat permainan color rice bag, ibu bisa memasukkan beras pada toples. Kemudian, tambahkan pewarna makanan ke dalam beras yang ada dalam toples. Pewarna makanan yang diberikan bergantung pada takaran beras yang digunakan. Setelah itu, tuangkan beras warna tersebut ke dalam piring kemudian keringkan. Ibu bisa membuat beberapa beras dengan warna yang berbeda.
Usahakan warna yang digunakan adalah warna yang mencolok bagi anak yang baru belajar sensory play. Akan tetapi, jika anak sudah memiliki kemampuan yang bagus, maka warna yang digunakan bisa warna yang mirip. Setelah beras warna mengering, masukkan ke dalam wadah.  Kemudian, tambahkan mainan anak ke dalam beras wadah tersebut dan biarkan anak bermain dengan mencampur atau memisahkan beras berwarna tersebut.

Anak juga dapat belajar sensory play dengan memanfaatkan indera peraba dan penglihatan mereka dengan menggunakan water beads pond. Ada beberapa bahan yang dibutuhkan seperti water beads dan air. Sementara alat yang dibutuhkan adalah wadah plastik dan mainan kecil. Untuk membuat water beads pond, kamu bisa menggunakan water beads pada sebuah wadah yang telah diberi sedikit air. Kemudian, letakkan beberapa mainan anak pada water beads tersebut. Anak akan berusaha untuk menggengam water beads tersebut sehingga mereka mengembangkan indra perasa mereka.

Dalam penentuan jenis sensory play yang digunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perkembangan usia anak menentukan jenis sensory play apa yang dibutuhkan. Sebagai contoh, bagi bayi yang baru berusia beberapa bulan, sensory play yang dibutuhkan adalah indra perasa, pendengar, dan penglihatan. Mereka bisa diberikan beberapa permainan dengan menggunakan gelembung atau balon yang diterbangkan di sekitarnya. Setelah itu, biarkan bayi menyentuh dan bermain dengan gelembung atau balon tersebut. Hal ini akan berguna karena bayi dapat merasakan tekstur yang berbeda serta warna balon yang berwarna-warni.


Tags :

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments