Friday, March 20, 2020

thumbnail

Sisi Lain Wacana Keindahan Bromo

 Gunung Bromo yakni salah satu ikon pariwisata yang ada di Jawa Timur Sisi Lain Tentang Keindahan Bromo
Gunung Bromo yakni salah satu ikon pariwisata yang ada di Jawa Timur. Sunrise Bromo telah dikukuhkan sebagai pemandangan sunrise terbaik yang ada di Indonesia. Tak heran jikalau wisatawan yang berkunjung semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Gunung Bromo yang secara manajemen berada di empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Jauh sebelum Kerajaan Majapahit bangun dan agama Hindu masuk ke Indonesia, daerah yang sekarang masuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger, Semeru ini telah usang ditempati masyarakat suku Tengger.

Yadnya Kasada merupakan salah satu ritual masyarakat suku Tengger yang selalu digelar tiap tahun. Dalam ritual tersebut, masyarakat suku Tengger mempersembahkan sesajian berupa hewan ternak dan beraneka masakan untuk para Dewa yang mendiami gunung.

Di daerah bermukim masyarakat suku Tengger terdapat desa yang berjulukan Argosari. Desa yang masuk dalam wilayah kabupaten Lumajang ini memiliki sisi menarik yang belum banyak terekspose. Sisi tersebut dikenal dengan nama Puncak B29, diambil dari nama patok taman nasional.

Bagaikan negeri di atas awan, Puncak B29 menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Hamparan awan yang menutupi puncak-puncak gunung, keindahan pemandangan matahari terbit, dan kearifan masyarakat suku Tengger mengakibatkan Bromo layak menjadi salah satu tujuan wisata alam unggulan di Indonesia.

Sumber : Liputan6.com

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments