Saturday, March 21, 2020

thumbnail

Inilah Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

 yang sanggup anda ikuti untuk menjaga daya ingat anda tetap dalam kondisi prima Inilah Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda
tribunnews
Ada beberapa cara sederhana, yang sanggup anda ikuti untuk menjaga daya ingat anda tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar sanggup membantu anda memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat anda.

Penyebab-penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Kualitas daya ingat seseorang tidak hanya tergantung pada pendidikan, lingkungan berguru dan lingkungan fisik di mana ia hidup, tetapi juga pada faktor-faktor lain yang sanggup mensugesti hidupnya (misalnya kehilangan orang yang dicintai). Ada juga faktor genetik keturunan yang memainkan tugas yang sangat penting. Penyebab yang lain adalah:

Tidur

Ada korelasi pribadi antara kurang tidur, insomnia dan berkurangnya daya ingat.

Tidur malam yang cukup sangat penting bagi berfungsinya ingatan kita. Penelitian telah memperlihatkan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur untuk daya ingat berfungsi pada potensi maksimumnya.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan persyaratan tidur untuk badan kita. Jika kita mendapat cukup tidur, maka bukan hanya daya ingat saja menjadi lebih baik tetapi kita juga akan lebih bisa mengatasi stres sehari-hari.

Depresi

Depresi merupakan penyebab yang melemahkan daya ingat.

Depresi ketika ini telah menjadi penyakit yang sangat umum. Hal ini sanggup terjadi pada semua usia. Ada banyak penyebab yang sanggup menjadikan depresi. Peristiwa-peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa manusia, menyerupai kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menjadikan penurunan daya ingat.

Dalam masalah depresi, penting untuk mencari pemberian dan nasehat dari dokter berkualitas. Obat depresi yang sempurna memungkinkan untuk pemulihan penuh daya ingat.

Penyakit tiroid

Penyakit kelenjar tiroid mensugesti sejumlah besar orang, dan mempunyai imbas negatif pada daya ingat.

Diagnosis awal penyakit tiroid akan mencegah kerusakan lebih lanjut dari daya ingat. Penyakit kelenjar tiroid sanggup terjadi pada semua usia.

Diabetes

Diabetes telah menjadi tragedi yang cukup angker di dunia. Banyak pasien tidak mengobati diabetes dengan baik. Kegagalan sistem vaskular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat.

Pengobatan yang sempurna dan pengendalian terhadap diabetes akan meningkatkan daya ingat. Penyakit kronis lainnya menyerupai pada hati, paru-paru dan ginjal juga mensugesti daya ingat. Dalam masalah diagnosa secara dini dan dilanjutkan dengan pengobatan akan memperbaiki daya ingat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Alkohol dan obat-obatan

Kecanduan alkohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu, sanggup menjadikan penurunan daya ingat atau bahkan degenerasi kemampuan intelektual lainnya.

Para pecandu alkohol pada awalnya mempunyai duduk kasus dengan daya ingat jangka pendek, lalu amnesia ini diperparah dengan duduk kasus dengan daya ingat jangka panjang.

Konsumsi alkohol sekala sedang (1 hingga 2 gelas untuk pria dan 1 gelas untuk wanita, setiap hari), tidak membahayakan otak. Sebaliknya konsumsi alkohol yang berlebihan yaitu racun bagi otak dan daya ingat.

Obat-obatan sanggup membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. Misalnya obat ekstasi menjadikan kerusakan serius pada daya ingat.

Kurangnya Vitamin B12

Kurangnya vitamin tertentu juga sanggup menjadikan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diharapkan bagi otak semoga sanggup berfungsi maksimal. Diet yang seimbang mengatakan badan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Vitamin B12 ditemukan pada ikan, telur, daging, unggas, susu dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.
6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Seperti telah disebutkan diatas bahwa ingatan kita layaknya seorang atlet. Semakin anda melatih otak dan daya ingat maka semakin baik juga kinerja mereka. Pepatah “practice makes perfect” berlaku bagi daya ingat kita juga. Selain faktor-faktor yang sanggup menjadikan penurunan daya ingat (seperti dijelaskan di atas), ada beberapa cara yang sanggup diadopsi untuk meningkatkan daya ingat anda. Yang terpenting yaitu yang disebutkan di bawah ini:

1. Jangan pernah berhenti belajar

Carilah topik yang menarik minat anda dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi gres dan perkembangan perihal topik tersebut. Jika memungkinkan, anda sanggup bergabung dengan kelompok yang mempunyai minat yang sama dengan anda untuk berdiskusi dengan orang-orang dalam kelompok tersebut.

Membaca, mengikuti kuliah, program, warta di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat anda.

2. Menjalin korelasi sosial dan keluarga anda

Manusia intinya mempunyai keramahan yang melekat. Semakin sosial anda, semakin baik untuk otak anda. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh. Penelitian telah memperlihatkan bahwa otak dan jantung mempunyai banyak laba korelasi keluarga dan sosial yang baik.

Sehubungan dengan konteks ini, anda bisa menjadi relawan untuk mengatakan pemberian dimana masyarakat membutuhkan anda, atau bahkan berpartisipasi dalam kelompok terorganisir, yang sesuai dengan kepentingan anda sendiri. Jika anda mempunyai binatang peliharaan misalnya, anda sanggup bersosialisasi dengan orang lain yang juga mempunyai binatang peliharaan dan mendiskusikan dengan mereka duduk kasus yang relevan serta membuatkan korelasi yang lebih erat.

3. Mengembangkan kebiasaan baru

Setiap kali anda mengharuskan pada diri sendiri untuk melaksanakan sesuatu yang baru, anda berarti memicu kekuatan gres untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pertimbangkan untuk merubah layout mebel anda, mengoleskan mentega pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan mata tertutup, mengenakan celana dengan satu tangan, atau berguru memakai mouse dengan tangan yang lain. Anda sanggup memikirkan beberapa pandangan gres lain untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat anda.

4. Latih pikiran anda dengan permainan-permainan.

Semakin anda memakai keistimewaan otak, semakin anda membantu daya ingat anda tetap bugar. Ada banyak permainan yang membangkitkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga berkontribusi untuk korelasi sosial yang lebih baik. Backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya, mengatakan hiburan dan juga membantu anda meningkatkan daya ingat.

5. Olahraga sanggup meningkatkan daya ingat anda

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin menyerupai berjalan cepat sanggup meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Tidak perlu menjadi seorang pelari maraton dalam rangka memperoleh manfaat dari berolahraga. Manfaat olahraga besar lengan berkuasa nyata pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana menyerupai berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap ahad secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.

6. Makanan yang akan membantu meningkatkan daya ingat anda

Apa yang kita makan setiap hari, mensugesti kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah memperlihatkan bahwa makanan tertentu sanggup berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.

Ciri-ciri umum dari makanan ini yaitu mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.
Ingatlah bahwa untuk mendapat asupan vitamin yang cukup dalam badan anda, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi. Alasannya yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin anda juga menyerap nutrisi yang berkhasiat lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anda adalah:

1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
2. Brokoli dan kembang kol
3. Jus buah, buah
4. Berbagai macam berry, buah delima
5. Kacang-kacangan
6. Ikan berlemak menyerupai salmon, sarden, mackerel
7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya

Simak juga artikel lainnya :

         Tips Sukses Seorang Pengusaha
         Tips Bikin Video Pakai iMovie di iPhone 6
         Tips Merubah Kamera DSLR jadi Webcam
         Tips Cara Untuk Relaksasi Fikiran dan Tubuh
         Tips Agar Tidur Nyeyak dan Bekualitas




Sumber : http://www.akuinginsukses.com/
Tags :

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments