Saturday, February 29, 2020

thumbnail

Tips Menentukan Asuransi Jiwa Untuk Pemula

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang akan mengatakan kontribusi kepada individu maupun keluarga dari kerugian finansial tanggapan risiko kematian, cacat seumur hidup, sampai sudah tidak produktif lagi.

Asuransi jiwa mirip pepatah “Sedia payung sebelum hujan”. Jadi, sebelum terjadi risiko yang tidak diinginkan, Anda sudah berjaga-jaga sebelumnya. Dengan begitu, hidupmu bisa menjadi lebih damai alasannya sudah mempunyai perlindungan. Keuangan keluarga juga bisa lebih stabil alasannya adanya uang pertanggungan jikalau Anda meninggal dunia.

Asuransi seringkali dianggap sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda bandingkan, dari 10 orang Indonesia, yang mempunyai asuransi mungkin hanya 2-3 orang saja. Hal ini tak lepas dari kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mempunyai asuransi, terutama asuransi jiwa.

Dalam menentukan asuransi jiwa terbaik, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan biar nantinya Anda tidak salah langkah, mirip dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id, yaitu:

1. Kenali produk asuransi jiwa

Langkah pertama Anda harus mengenali terlebih dahulu produk asuransi tersebut. Perlu Anda ketahui kalau ada empat macam asuransi jiwa terbaik yang ada di Indonesia, yaitu:

- Asuransi jiwa berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau yang dikenal dengan nama term life insurance merupakan asuransi jiwa yang mengatakan kontribusi kepadamu dalam jangka waktu tertentu saja. Biasanya jangka waktu kontrak yang ditawarkan berkisar antara 5, 10, sampai 20 tahun lamanya dengan premi yang tetap.

- Asuransi jiwa seumur hidup

Kalau asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance merupakan asuransi jiwa yang akan mengatakan kontribusi seumur hidupmu atau sampai Anda mencapai usia maksimum 100 tahun. Premi yang dibayarkan terbilang lebih tinggi dibanding asuransi jiwa berjangka.

- Asuransi jiwa dwiguna

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa dwiguna ini mempunyai dua manfaat bagi penggunanya, yaitu asuransi jiwa berjangka dan tabungan. Kaprikornus nantinya, akan ada uang pertanggungan jikalau tertanggung meninggal dunia dan Anda juga bisa menarik polis dalam jangka waktu tertentu sebelum masa kontrak selesai. Jenis asuransi jiwa terbaik ini lebih banyak diminati oleh masyarakat.

- Asuransi jiwa unit link

Jika asuransi jiwa dwiguna memperlihatkan asuransi dan tabungan, asuransi jiwa unit link memperlihatkan asuransi dan investasi di dalamnya. Sebenarnya premi yang ditawarkan tak jauh berbeda angkanya dengan ketiga jenis asuransi jiwa terbaik lainnya, hanya saja jumlah uang pertanggungannya tergolong paling rendah. Asuransi ini bahu-membahu tidak lazim, alasannya menggabungkan dengan investasi sehingga premi atau iuran asuransi terbilang mahal dibandingkan asuransi jiwa murni atau investasi murni.

2. Sesuaikan premi dengan kemampuan finansial

Premi merupakan anggaran yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk membayar asuransi. Pembayaran premi bisa dilakukan bulanan, tiga bulanan atau kuartalan, enam bulanan atau semesteran, atau tahunan.

Yang pasti, sesuaikan jumlah premi dengan anggaran bulananmu. Idealnya, alokasi dana untuk membayar asuransi jiwa terbaik ialah 10-20 persen dari jumlah pendapatan bulanan. Jadi, kalau pendapatan bulananmu ialah Rp 10 juta, maka Anda bisa mengambil premi maksimal Rp 1 juta per bulan.

3. Ketahui besaran uang pertanggungan

Namanya juga asuransi jiwa, niscaya akan ada uang pertanggungan yang akan diberikan. Ini ialah nilai yang akan dibayarkan perusahaan asuransi kepada Anda atau hebat waris Anda. Besaran uang pertanggungan ini sangat berkaitan dengan premi yang dibayarkan. Semakin tinggi premi yang dibayarkan, biasanya semakin tinggi uang pertanggungan yang diberikan.

Namun ada juga premi yang tinggi, tapi uang pertanggungannya sangat kecil. Hal ini biasanya terjadi alasannya manfaat uang premi dibagi menjadi dua, yakni untuk tabungan atau investasi mirip pada jenis asuransi jiwa dwiguna dan asuransi jiwa unit link.

4. Perhatikan track record perusahaan asuransi

Kini saatnya Anda menentukan perusahaan asuransi. Saat menentukan perusahaan asuransi, pilihlah yang mempunyai dapat dipercaya tinggi. Hal ini bisa Anda lihat dari track record perusahaan asuransi tersebut. Apakah ada penghargaan tertentu yang diberikan selama beberapa tahun belakangan? Adanya penghargaan bisa menjadi indikasi kalau perusahaan asuransi jiwa tersebut mempunyai track record yang anggun di mata masyarakat.

Selain itu, perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan mempunyai tingkat modal minimum berbasis risiko atau RBC (Risk Based Capital) yang sesuai ketentuan. Pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai RBC tinggi di atas ketentuan minimal.

Contohnya, perusahaan asuransi harus mempunyai RBC sebesar 120 persen. Jika perusahaan asuransi mempunyai RBC 300 persen, berarti dana dan asset perusahaan asuransi tersebut cukup berpengaruh sampai tiga kali dari ketentuan yang disyaratkan. RBC sebesar 300 persen berarti perusahaan asuransi sanggup membayar klaim tiga kali lebih besar jikalau asuransi harus membayar klaim kepada semua nasabah dalam satu waktu.

5. Pastikan distributor asuransi jiwa berlisensi

Tak semua distributor yang memperlihatkan asuransi kepadamu merupakan distributor resmi dari perusahaan asuransi jiwa. Ada distributor yang hanya berlaku sebagai broker saja alias perantara. Kaprikornus sebelum membeli asuransi jiwa terbaik, pastikan terlebih dahulu kalau distributor asuransi yang menawarkanmu ialah distributor yang mempunyai lisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

Agen asuransi jiwa terbaik yang mempunyai lisensi AAJI bisa bertanggungjawab membantumu ketika ada hambatan manajemen atau hambatan ketika klain.

6. Pilih yang punya layanan terbaik

Tahukah Anda kalau perusahaan asuransi yang anggun juga bisa dilihat dari segi layanan yang diberikan. Selalu pilih perusahaan asuransi yang punya layanan pelanggan 24 jam sehingga nantinya bisa membantu Anda kapan saja dibutuhkan, baik itu ketika ingin menanyakan gosip tertentu ataupun ketika ingin mengajukan klaim. Tak jarang ada perusahaan asuransi yang diblacklist oleh masyarakat alasannya pelayanan klaim yang diberikan sangat buruk.

7. Bandingkan dengan perusahaan asuransi lain

Masing-masing perusahaan asuransi mempunyai keunggulan produk asuransi jiwa terbaik yang berbeda-beda. Oleh alasannya itu, Anda harus bersikap cerdas dan jangan eksklusif tetapkan dengan cepat dalam menentukan asuransi jiwa terbaik.

Perbandingan ini bisa Anda lihat dari segi premi, masa kontrak, uang pertanggungan, sampai manfaat yang didapat. Kalau perlu, Anda bisa meminta tolong distributor asuransi untuk berbagi ilustrasi terlebih dahulu biar Anda bisa dengan gampang mempelajari produk yang ditawarkan.

8. Pelajari isi polis dengan teliti

Terkadang ketika kita sudah cocok dan merasa baiklah untuk membeli sesuatu, kita kerap kali lupa untuk mengecek dengan teliti barang yang akan kita beli. Hal ini juga berlaku ketika kita membeli asuransi jiwa terbaik. Sikap ini harus Anda hindari alasannya asuransi mempunyai masa kontrak yang tidak sebentar. Kaprikornus selalu pelajari isi polis yang diberikan oleh distributor asuransi.

Perhatikan setiap detail poin yang tertera, terutama poin perihal ketentuan klaim asuransi jiwa terbaik. Jika ada yang kurang dipahami, Anda harus menanyakannya eksklusif kepada distributor asuransi yang menawarkanmu.

9. Mendaftar ketika masih muda

Umumnya perusahaan asuransi tetapkan persyaratan atau kriteria minimum dan maksimal usia tertentu, baik itu untuk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Ini dikarenakan usia yang masih muda mempunyai risiko yang lebih rendah dibanding usia tua. Kaprikornus jangan heran kalau untuk usia di bawah 30 tahun premi yang ditawarkan akan lebih murah dibandingkan dengan premi asuransi jiwa untuk usia di atas 30 tahun dan seterusnya.

Semakin bertambah usiamu, maka semakin tinggi premi yang harus Anda bayar. Kaprikornus lebih baik mendaftarkan dirimu semenjak masih muda. Premi asuransi bersifat flat alias kisarannya tetap sama selama masa kontrak. Kaprikornus apabila Anda mendaftar ketika usia 25 tahun dengan masa kontrak 10 tahun, maka selama 10 tahun tersebut preminya tetap sama dan tidak berubah.

artikel dari liputan6.com

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments